Berita

DITLANTAS POLDA NTB SIAPKAN MANAJEMEN LALU LINTAS SAAT MOTO GP 2024

×

DITLANTAS POLDA NTB SIAPKAN MANAJEMEN LALU LINTAS SAAT MOTO GP 2024

Share this article

 

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan rekayasa lalu lintas terutama dari lima pintu masuk ke Lombok saat perhelatan MotoGP 27-29 September 2024 nanti. Rekayasa lalu lintas ini tidak jauh beda dengan rekayasa saat MotoGP Mandalika 2023.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol. Romadhoni Sutardjo, S.I.K., M.H. menyampaikan, kelima pintu masuk itu meliputi empat pelabuhan dan satu bandara. Periinciannya, Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, Bangsal di Lombok Utara, Lembar dan Gili Mas di Lombok Barat. Sedangkan satu pintu masuk lainnya ialah Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah.

Kelima pintu masuk itu akan dijaga ketat oleh petugas. Terlebih lagi Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto dikabarkan hadir menyaksikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 pada 29 September 2024.

“Jadi, di sini (lima pintu masuk) sudah kita antisipasi. Kita sudah siapkan manajemen rekayasa lalu lintas. Tidak ada penutupan jalan saat kedatangan Presiden dan Presiden terpilih datang. Hanya pas melintas saja (ada penutupan jalan),” sebutnya.

Rekayasa lalu lintas untuk penonton MotoGP tahun 2024 ini hampir sama dengan event MotoGP 2023. “Tahun ini tidak ada mengubah arah arus kendaraan dari satu arah menjadi dua arah (contra flow), saat kedatangan penonton,” imbuhnya.

Sistem contra flow ini, akan diberlakukan jika kondisi jalan macet pada saat proses kepulangan penonton.

Sstem lalu lintas mengubah arah arus kendaraan dari satu arah menjadi dua arah pernah dilakukan perhelatan MotoGP 2022 dulu. Dari jalan BIL I arah Bandara Internasional Lombok menuju Bundaran Songgong.

Pada event MotoGP 2024, tidak ada pengendara yang akan diarahkan terlebih dahulu menuju jalur ke Awang dan Selong Belanak.

“Semua menggunakan jalur mereka datang. Jalur Mandalika maupun dari Sengkol,” ungkap Dirlantas.

Untuk mengantisipasi adanya kemacetan pengendara, kepolisian telah menyiapkan pos pengamanan (pospam) dan pos penyekatan (pos sekat). Pospam itu akan ditempat di sejumlah titik pintu masuk Pertamina Mandalika Internasional Circuit.

Sedangkan pos sekat akan ditempatkan di Bundaran Bandara Internasional Lombok, Bundaran Songgong, Bundaran Mong dan Bundaran Tri Putri (dekat Masjid Nurul Bilad) Kuta Mandalika.

Dipos tersebut akan dilakukan rekayasa seperti yang tahun-tahun lalu. Nantinya akan di pasang logo stiker yang boleh masuk melalui pos sekat, Jadi kendaraan yang tidak dipasang atau memiliki stiker tidak akan dikasih masuk melalui pos sekat tersebut, kendaraan yang tidak bisa masuk diarahkan ke lokasi parkir yang sudah ditentukan dan nantinya penonton akan naik shuttle bus yang sudah disiapkan oleh panitia untuk mengantar penonton ke pintu/gate sesuai dengan jenis tiketnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *