Berita

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rinjani 2024

×

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rinjani 2024

Share this article

Kota Bima, NTB (14/10) – Polres Bima Kota mulai melaksanakan Operasi Zebra Rinjani 2024 selama 14 hari ke depan, dimulai pada Senin, 14 Oktober 2024. Operasi ini dilakukan secara serentak oleh Polda NTB dan seluruh Polres jajaran, termasuk Polres Bima Kota, dalam rangka mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk lebih tertib berlalulintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Apel gelar pasukan Operasi Zebra Rinjani 2024 dipimpin langsung oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., dengan dihadiri oleh Penjabat Sekda Kota Bima, Dandim 1608/Bima, unsur Forkopimda Kota Bima, serta pejabat terkait lainnya. Peserta apel terdiri dari unsur TNI, Brimob, personel Polres Bima Kota, Dinas Perhubungan, dan Sat Pol PP Kota Bima.

Acara dimulai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita kepada perwakilan pelaksana Operasi Zebra Rinjani 2024 oleh Kapolres Bima Kota. Dalam amanatnya, AKBP Yudha Pranata membacakan arahan dari Kapolda NTB, Irjen Pol Hadi Gunawan, yang menyoroti berbagai permasalahan lalu lintas seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk.

Kapolres Bima Kota menekankan pentingnya sinergitas seluruh elemen terkait guna terciptanya Kamseltibcarlantas yang baik. Berdasarkan data lalu lintas dari Dit Lantas Polda NTB tahun sebelumnya, tercatat 5.000 sanksi tilang dengan 27 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 8 orang meninggal dunia, dengan pelanggaran lalu lintas sebagai penyebab utama kecelakaan.

Operasi Zebra Rinjani 2024 bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan pendekatan humanis, melalui penegakan disiplin kepada pengendara, terutama generasi milenial yang diharapkan menjadi pelopor keselamatan berkendara. Operasi ini mencakup penyuluhan, edukasi, pemasangan spanduk, serta penyebaran informasi melalui media sosial.

Kapolres Bima Kota berharap, atas nama Kapolda NTB, bahwa Operasi Zebra Rinjani 2024 dapat berjalan lancar dan aman, serta memberikan dampak positif bagi keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah Bima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *