Terkini

Polsek Kempo Kawal Kegiatan Ogoh-Ogoh Umat Hindu Desa Dorokobo Sambut Nyepi 11 Maret 2024

×

Polsek Kempo Kawal Kegiatan Ogoh-Ogoh Umat Hindu Desa Dorokobo Sambut Nyepi 11 Maret 2024

Sebarkan artikel ini

Polres Dompu, NTB – Dalam rangka menyambut hari raya nyepi yang akan jatuh pada tanggal 11 maret 2024, Ummat Hindu di Dusun Dharmasari, Desa Dorokobo, Kecamatan Kempo menggelar Kegiatan Ogoh-Ogoh yang dihadiri warga sekira 400 orang termasuk Umat Hindu di Dusun Mekar Sari Desa Doromelo, Kecamatan Manggelewa.

Saat acara berlangsung Personil Polsek dipimpin langsung Kapolsek Ipda Jubaidin, didampingi anggota BKTM Desa Dorokobo melaksanakan kegiatan pengamanan dan pengawalan agar acara dapat berjalan aman dan kondusif.

Tampak hadir saat kegiatan, Kades Dorokobo Mansyur, Kades Doro Melo, Supardin Abdullah didampingi jajaran pemerintah masing-masing desa serta para pengguna jalan yang turut menyaksikan.

Sekedar informasi, berikut rangkaian kegiatan dan kaitan dengan kegiatan Ogoh-Ogoh yang berlangsung Minggu (10/3/2024) sekira pukul 16.00 Wita.

1. “Ogoh-ogoh” merupakan Kegiatan umat hindu cara menghidupkan arwah roh yang berada di ogoh -ogoh tersebut sebelum di arak.

2. Ogoh- ogoh yang akan di arak tersebut ada 2 (Dua) dan di laksanakan di dua tempat yaitu:

ogoh– ogoh Rahwana yang di laksanakan oleh Banjar Nusa Sari di dusun Kresna Sari dengan rute arak -arakan mulai dari banjar nusa sari menuju dsn Muhajirin dan kembali ke tempat awal.

Ogoh – ogoh Kalikemaya yang dilaksanakan oleh banjar Giri Merta Sari yang dilaksanakan oleh dua Dusun yaitu Darma Sari Desa Dorokobo dan Dusun Mekar Sari Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa dengan rute arak – arakan mulai dari banjar Giri merta sari sampai di SDN 15 kempo dan kembali ke titik awal.

3. Setelah sampai selesai melakukan arak arakan kedua ogoh- ogoh tersebut dilakukan pembakaran sebagai bentuk membunuh roh jahat. Untuk Ogoh – ogoh Kalikemaya dilakukan pembakaran pada pukul 17.40 wita sedangkan pembakaran ogoh – ogoh Rahwana pada pukul 20.30 wita.

Untuk diketahui bahwa selama kegiatan upacara maupun arak arakan ogoh-ogoh di Desa Dorokobo Kecamatan Kempo tersebut mendapatkan pengamanan terbuka dan tertutup oleh personil Polsek kempo yang dipimpin langsung Kapolsek Kempo IPDA Jubaidin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *