Terkini

Memasuki Masa Mudik Lebaran, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Bima Iptu Dhira Wira Prasasta S.Tr.K

×

Memasuki Masa Mudik Lebaran, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Bima Iptu Dhira Wira Prasasta S.Tr.K

Sebarkan artikel ini

Bima, NTB (12/4) – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bima Polda NTB menghimbau para pengendara khususnya para pemudik baik sepeda motor atau mobil agar mentaati peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan.

Hal demikian disampaikan Kasat Lantas Polres Bima Iptu Dhira Wira Prasasta S Re.K., mewakili Kapolres AKBP Eko Sutomo SIK, MIK., ditengah masa arus mudik lebaran idul fitri 1445 Hijriyah yang mulai berlangsung. Pada Senin, 08/04/24 sekira pukul 08.00. Wta

Iptu Dhira Wira Prasasta S.Tr.K., menerangkan bahwa ditengah tingginya volume kendaraan menjelang lebaran ini biasanya pelanggar lalulintas didominasi oleh sepeda motor yang membawa muatan penumpang berlebih sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Himbauan itu diantaranya,Selalu memakai helm SNI untuk pengendara roda 2, memakai perlindungan badan tambahan, tidak berbonceng lebih dari 2 orang, melengkapi surat- surat kendaraan, dan kendaraan harus sesuai spektek

Sedangkan untuk pengendara roda 4 selalu memakai seat belt, melengkapi surat kendaraan dan kendaraan harus sesuai spektek, Kata Kasat

“Ditengah meningkatnya volume kendaraan ini memang sering kali mengundang terjadinya kecelakaan lalu lintas, dan itu disebabkan kurang disiplinnya pengendara untuk itu diharapkan ini menjadi perhatian kita bersama,” jelasnya.

Selain itu, terkait langkah-langkah pengamanan jelang libur lebaran berbagai upaya telah dilakukan, yaitu dengan mendata (mapping) daerah atau rawan bencana longsor, pohon tumbang, kecelakaan, kemacetan dan daerah rawan pelanggaran lalu lintas.

“Pada puncak lebaran kami juga mengimbau agar tidak melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya menggunakan kenalpot racing yang dapat mengganggu kenyamanan dan ketentraman masyarakat,”jelasnya.

Terakhir, kata dia pihaknya telah pemasangan banner tentang imbauan berkendara yang dipasang di beberapa titik daerah rawan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Spanduk imbauan sudah kita pasang ada di beberapa tempat yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan. pemasangan spanduk ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan disiplin pengendara dalam berlalu linta sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di jalan raya terutama saat arus mudik,” pungkasnya.

Selain itu pihaknya juga secara rutin melaksanakan kegiatan pengaturan arus lalulintas atau yang di sebut rawan pagi di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya kemacetan dan Kecelakaan.

Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan saat menjalankan Aktivitas Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *