Terkini

Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo S.I.K,M.I.K., Hadiri Pawai Rimpu Mantika di HUT Kota Bima Ke 22

×

Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo S.I.K,M.I.K., Hadiri Pawai Rimpu Mantika di HUT Kota Bima Ke 22

Sebarkan artikel ini

Bima, NTB (29/4) – Kepala Kepolisian Resor Bima Polda NTB Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Eko Sutomo S.I.K., M.I.K., menghadiri Pawai Rimpu mantika.

Pawai Rimpu mantika itu dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bima Ke 22 pada Sabtu (27/04/24) sekira pukul 08.00. WITA.

Dalam kegiatan itu Kapolres memakai pakaian adat Bima yakni penutup kepala serta Sarung tenun Khas Bima.

Pawai Rimpu mantika itu juga Pengurus Bhayangkari Cabang Bima ikut ambil dengan dibalut oleh kain tenun Bima atau yang dikenal dengan “Tembe Nggoli”.

“Saya sangat mengagumi budaya rimpu mantika yang dimiliki oleh Daerah Kabupaten Bima dan Kota Bima”. Ujar Kapolres Bima Eko Sutomo S.I.K.,M.I.K., melalui kasi humas iptu adib Widayaka.

Dikatakannya, Rimpu merupakan budaya lokal khas daerah Bima yang masih dipertahankan sampai sekarang.

Budaya rimpu ini sendiri lahir pada pertengahan abad ke XVII Masehi, setelah agama Islam masuk di wilayah kesultanan Bima.

Pakaian khas tersebut kalau dilihat dari segi fungsinya sama dengan pakaian jilbab maupun cadar, yaitu untuk menutup aurat bagi kaum wanita, Urai Kapolres.

Lanjutnya, Secara umum, rimpu ada dua bentuk yaitu RIMPU BIASA dengan RIMPU MPIDA. Rimpu biasa dipakai oleh wanita yang sudah berkeluarga (hanya muka yang nampak), sedangkan Rimpu mpida sering dipakai oleh gadis atau wanita yang belum menikah (hanya mata) saja yang terlihat

“Mari kita lestarikan dan kenalkan BUDAYA LOKAL, semoga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang melihat lebih jauh Keindahan Indonesia lebih jauh dan mendalam”. Ujar Pria dengan dua melati di Pundaknya itu.

Selain indah kegiatan ini menunjukkan kekompakan serta terlihat Nilai budaya sangat kental Imbuhnya.

Pasalnya budaya juga merupakan wadah pemersatu yang harus tetap dijaga dan dilestarikan Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *