Terkini

Personil Polairud Polres Dompu Gencar Patroli di Teluk Saleh, Imbau Warga Terkait Prokeslat

×

Personil Polairud Polres Dompu Gencar Patroli di Teluk Saleh, Imbau Warga Terkait Prokeslat

Sebarkan artikel ini

POLRES DOMPU, NTB – Satuan Polairud bersama Angkatan Laut (POSAL Calabai) menggelar Patroli Gabungan menyisir sejumlah titik di Wilayah Perairan Teluk Saleh terutama jalur yang dilintasi Kapal-kapal Angkutan Pelayaran Regional dan yang dilintasi nelayan.

Patroli ini dilakukan secara eksklusif terutama di Wilayah seperti di Perairan Peka mengingat kondisi cuaca memasuki musim penghujan rentan timbulnya badai serta gelombang pasang di tengah perairan di teluk tersebut.

Untuk itu, misalnya pada Selasa (26/3/2024) sekira pukul 10.00 Wita dengan mengerahkan personil lengkap menyasar warga serta awak kapal baik yang bersandar maupun yang tengah berlayar jadi sasaran ‘ceramah’ dari para petugas.

Kasat Polairud, Ipda Syarifuddin mengungkapkan bahwa sejumlah personil yang diterjunkan terdiri dari Kuat Personil sebanyak 3 pasukan lengkap menggunakan Satu unit Kapal, KP. XXI – 2005. Tipe C2, Satu unit KP XXI 2012 tipe C 3, masing-masing memegang 2 Pucuk Senpi Bahu.

“Tujuan kami tak lain dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran keselamatan pada saat berada di laut,” tegas Kasat.

Kemudian, lanjutnya, anggota memberikan himbauan kepada para nelayan hingga juragan kapal barang yang sedang berlabuh dan warga nelayan yang menangkap ikan, terkait pentingnya mematuhi aturan dan protokol keselamatan saat beraktivitas di laut.

“perlunya menggunakan peralatan keselamatan laut yang memadai seperti menggunakan jaket pelampung, serta mengikuti perkembangan cuaca,” arahnya.

Sementara itu, Kasat juga melaporkan bahwa kondisi cuaca pada saat patroli, meskipun cerah namun terdapat tanda-tanda ancaman badai dan gelombang pasang mengingat kini memasuki musim penghujan ekstrem.

“Cuaca cerah dengan Gelombang : 0.1 s.d 1.25 m, Angin tenggara kec. rata-rata 30 Knot per jam,” tuturnya.

Untuk memaksimalkan peran anggota juga melakukan penggalangan terhadap pihak terkait terutama Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) serta petugas pelabuhan demi terciptanya situasi dan kondisi di perairan aman dan terkendali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *